Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Martabak teflon untuk Pemula

Martabak teflon

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak teflon yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak teflon yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak teflon, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak teflon enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak teflon adalah 2 martabak. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak teflon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak teflon memakai 14 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak teflon:

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 20 gr tepung maizena
  3. 30 gr gula pasir
  4. 250 ml air putih
  5. 1 butir telur
  6. 3/4 sdt baking powder
  7. Bahan B
  8. 50 ml air
  9. 3/4 sdt soda kue
  10. 2 sdm perisa pandan
  11. secukupnya Gula pasir
  12. Topping
  13. Sesuai selera. Dsni aku pake selai coklat
  14. Margarin/mentega

Langkah-langkah untuk membuat Martabak teflon

  1. Buat adonan martabak. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, gula. aduk hingga merata. (Di aduk menggunakan whisk)
    Setelah itu masukan air. Kemudian aduk lagi hingga semua bahan menyatu
  2. Masukan telur dan baking powder. Lalu aduk rata
  3. Diamkan adonan minimal selama 1 jam
  4. Masukan baking soda kedalam air lalu aduk rata. Setelah itu masukan kedalam adonan bersamaan dengan vanilla dan aduk hingga rata (step ini dilakukan sebelum martabak di masukan ke dalam teflon)
  5. Panaskan teflon dengan api sedang, pastikan semua panas tersebat merata. setelah teflon panas masukan adonan (api jangan dikecilkan supaya gelembung2 di martabak dapat naik ke atas adonan, selain itu jangan langsung ditutup)
  6. Setelah adonan setengah matang mengeluarkan gelembung2, kecilkan api lalu masukkan gula pasir secukupnya. Setelah itu tutup teflon.
  7. Tunggu hingga adonan matang dan bagian atas tidak lengket
  8. Setelah martabak matang olesi bagian atas dengan mentega, kemudian belah dua2
  9. Oleskan topping, lalu tumpuk martabak dan potong menjadi bagian2 kecil
  10. Catatan :
    1. pastikan semua panas tersebar merata ke bagian martabak. Agar martabak matang dengan sempurna
    2. Panaskan teflon terlebih dahulu (panasnya harus pas, jangan kurang panas dan jangan terlalu panas, bisa di tes dengan mencipratkan air ke teflon kalau langsung kering berarti panasnya sudak cukup, jangan sampai keluar asap)
    3. Adonan jangan langsung ditutuup, karena itu akan membuat martabak menjadi bantet dan gelembung2 tidak akan terbentuk. Tutup martabak setelah muncul gelembung2
  11. Martabak siap disajikan

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Martabak teflon yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Martabak teflon untuk Pemula"