Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Martabak Tanggal Tua Kekinian

Martabak Tanggal Tua

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Tanggal Tua yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Tanggal Tua yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Tanggal Tua, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Tanggal Tua enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak Tanggal Tua adalah 3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Tanggal Tua sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Tanggal Tua memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Judulnya sesuai dengan isian yang saya gunakan. Modifikasi resep mba Ekolilis. Ukuran porsi saya tambah karena pasukan di rumah lebih banyak. Isian menyesuaikan dengan "harta karun" di dalam kulkas. Masih tanggal tua banget ini 😥 Ngga punya daun bawang saya ganti dengan bawang merah...asal banget...haha...tapi rasanya tetep enak. Top... Sayang hasil foto kurang bagus. Yang saya bikin ini belum maksimal. Seharusnya kulit bisa dibuat lebih tipis lagi. Makin tipis makin bagus. Perlu latihan saya 💪

Resep asli
https://cookpad.com/id/resep/13961784-martabak-tahu?via=profile

#PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Tanggal Tua:

  1. Bahan kulit:
  2. 150 gr terigu (cakra/∆biru)
  3. 45 gr minyak sayur (4-5 sdm)
  4. 100 ml air hangat (secukupnya saja, tidak perlu dihabiskan)
  5. Bahan isian:
  6. 2 buah tahu kuning, hancurkan
  7. 80 gr dada ayam filet, rebus sebentar
  8. 1 butir telur, kocok lepas
  9. 4-7 sdm minyak sayur, dicampur dalam adonan
  10. 2 buah cabai keriting
  11. 1 siung baput, cincang halus
  12. 1 siung bamer, iris tipis
  13. 1 sdt kaldu jamur
  14. 1/2 sdt royco ayam (boleh skip)
  15. 1/4 sdt lada bubuk
  16. 1/2 sdt garam (kurang lebih)

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Tanggal Tua

  1. Buat bahan kulit lebih dulu. Campur terigu+minyak sayur aduk rata lalu tambahkan air hangat secukupnya hingga kalis (air tidak perlu dihabiskan), dan rendam dalam minyak. Pakai minyak baru. Nanti minyak masih bisa digunakan lagi untuk memasak. Rendam selama 30 menit - 1 jam.
  2. Bahan isian, ini boleh diatur sesuai selera ya. Ayam yang telah direbus dipotong dadu kecil. Lalu campur semua bahan dalam satu wadah. Koreksi rasa dulu, bila perlu baru tambahkan garam.
  3. Tiriskan adonan kulit dari minyak. Lalu gilas perlahan hingga tipis. Hati-hati, jangan sampai robek. Saya bagi menjadi tiga bagian. Kemudian beri isian secukupnya dan lipat.
  4. Segera goreng dalam minyak panas. Api kecil saja, supaya dalamnya matang. Biarkan 1 sisi mulai mengeras dulu, sebelum bisa dibalik. Saya pakai wajan ukuran 26 cm.
  5. Setelah matang, segera tiriskan. Potong sesuai selera dan nikmati. Dijamin, setelah mencoba yang ini, jadi ketagihan bikin martabak sendiri deh

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Martabak Tanggal Tua yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Martabak Tanggal Tua Kekinian"