Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Martabak mini Enak

Martabak mini

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak mini yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak mini yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak mini, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak mini enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak mini adalah 10 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Martabak mini diperkirakan sekitar 1 - 1,5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak mini sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak mini memakai 7 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena saya penyuka martabak telor dan gak pernah bosen dgn martabak, maka saya mencoba utk bikin sendiri. Kalo pengen makan martabak tinggal bikin sendiri krn di lemari es sll ada isi martabak yaitu daging giling, kulit lumpia dan daun bawang juga teloršŸ˜šŸ˜šŸ˜. Oh iya saya juga selalu bikin kuah cuka martabaknya yg terdiri dari timun dn cabe rawit...Rasanya MANTAB...šŸ‘šŸ‘

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak mini:

  1. Kulit (beli kulit lumpia)
  2. Isi martabak
  3. 1/4 kg daging cincang/ ayam cincang (sesuai selera)
  4. 2-3 butir Telor ayam (kocok lepas)
  5. Bawang bombay cincang
  6. Daun bawang iris sedang (bukan tipis tapi sekitar 1/2 ruas jari)
  7. Penyedap rasa (saya pake totole rasa jamur)

Langkah-langkah untuk membuat Martabak mini

  1. Tumis daging giling/ ayam giling dengan cincangan bawang bombay masukan bumbu penyedap (tumisan daging bisa disimpan jd stock)
  2. Kocok 2 telur masukan daun bawang iris dan daging giling campur hingga merata. Masukan garam, merica, penyedap (bila perlu). Dilihat adonan isi tdk terlalu berair atau cair agar mudah diisi dan gak keluar2 dari kulit nanti pada saat diisi.
  3. Siapkan kulit lumpia juga siapkan air di mangkok kecil sebagai perekat kulit yg nanti sudah diisi dengan isi martabak.
  4. Kulit lumpia dijembreng di piring rata lalu isi dengan adonan tumisan daging diatas. Lipat kulit yg sudah diisi dan rekatkan kulit dgn air spy tdk mudah terbuka saat digoreng.
  5. Pada saat mengisi martabak, siapkan bersamaan penggorengan dengan minyak hingga panas. Sehingga pada saat selesai melipat martabak langsung dimasukkan dalam penggorengan.
  6. Jangan biarkan martabak disusun karena akan berantakan isinya. Jadi saran saya selesai isi martabak langsung saja digoreng.
  7. Goreng martabak sesuai selera, dengan arti tingkat kegosongannya.
  8. Kuah cuka dan acar timun
  9. Siapkan irisan timun 1 buah dipotongan sesuai selera. (Kalo saya timun diiris agak tebal buang bijinya). Siapkan cabe rawit hijau yang sudah bersih dicabut batangnya, lalu cuci bersih.
  10. Campur timun dengan cabe rawit, masukkan garam seujung sendok teh, gula pasir 1/2 sendok teh, cuka 1/2 - 1 sendok makan lalu campur hingga merata. Icipi sesuai selera.
  11. Kuah coklat untuk martabak. Siapkan air panas 200 ml, masukkan kecap manis aduk rata, icip rasa sesuai selera. Setelah rasanya pas, campur kuah coklat dengan acar timun tadi. Aduk rata tempatkan di mangkok. (Acar ini juga bisa disimpang dan dpt digunakan sewaktu2.)
  12. Setelah martabak selesai digoreng siap disajikan dengan kuah coklat yg rasanga seger. Atau kalo gak suka kuah coklat cukup dimakan dengan cabai rawit....
  13. Hhhhmmmm....kriukkk...gak cukup makan 1 potong....šŸ˜ŠšŸ˜ŠšŸ˜Š
  14. Selamat mencoba.....

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Martabak mini yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Martabak mini Enak"

banner 325x300
banner 325x300