Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Martabak Isi Ketan Hitam Enak

Martabak Isi Ketan Hitam

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Isi Ketan Hitam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Isi Ketan Hitam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Isi Ketan Hitam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Isi Ketan Hitam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Isi Ketan Hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Isi Ketan Hitam memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum


Kali ini bikin martabak ketan hitam kesukaan ku hehe. Rasanya enak dan manisnya juga pas. Yuk dicoba resepnya.


Minggu ke 40 ( 5, maret 2021)
#PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Isi Ketan Hitam:

  1. Bahan adonan:
  2. 250 grm tepung terigu
  3. 2 butir telur
  4. 4 sdm gula pasir
  5. 1 sdm susu bubuk dancow
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/4 sdt vanilli bubuk
  8. 300 ml air
  9. Bahan lainya:
  10. 1/2 sdt BPDA
  11. 1/4 soda kue
  12. 3 sdm air
  13. Toping:
  14. Secukupnya ketan hitam kukus
  15. Kelapa parut+ gula kukus
  16. Margarin

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Isi Ketan Hitam

  1. Campur semua bahan adonan.. Aduk hingga licin pakai wisk.. Lalu plok plok menggunakan centong nasi hingga kalis.. (cirinya jika adonan di angkat dan di tuang tidak putus).
  2. Masukan baking powder.. Diamkan 1-3 jam..
  3. Sambil menunggu adonan. Kukus ketan hitam (yang sebelumnya sudah dimasak dengan santan dan gula) kukus bersama kelapa parut dan gula sampai matang.
  4. Setelah adonan istirahat, cairkan soda kue bersama dengan air.. Tuang ke adonan aduk lagi di keplok" santai sambil nunggu panasin teflon denga api kecil hingga teflonnya panas..
  5. Tuang 1/2 adonan.. Lalu puter pakai punggung centong.. Biar dapet pinggiran yg crispy.. Apinya agak di besarin dahulu.. Tunggu adonan sampai keluar gelembung".. Kalo gelembungnya udah sampai ke tengah kecilkan api.. Taburi gula lalu tutup masak hingga matang
  6. Jika sudah matang beri olesan margarin, kemudian isi dengan ketan hitam. Olesi atas martabak dengan margarin lagi
  7. Kemudian potong" dan sajikan

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Martabak Isi Ketan Hitam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Martabak Isi Ketan Hitam Enak"