Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Martabak Bihun Meduro Lezat

Martabak Bihun Meduro

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Bihun Meduro yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Bihun Meduro yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Bihun Meduro, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Bihun Meduro enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak Bihun Meduro adalah 20 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Martabak Bihun Meduro diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Bihun Meduro sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Bihun Meduro memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jajanan kaki lima khas Surabaya, biasanya Martabak isi bihun ini disajikan dengan cabai rawit dan cocolan petis. Saya tidak paham apakah ini kudapan asli Madura ataukah karena penjualnya biasanya beretnis Madura sehingga dinamai martabak bihun Meduro (Madura).

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Bihun Meduro:

  1. Bahan Kulit
  2. 400 gram terigu serba guna
  3. 300 ml air
  4. 2 sdt garam
  5. Minyak goreng
  6. Bahan Isian
  7. 1 bungkus kecil bihun kering (300 gram), seduh air panas
  8. 5 siung bawang putih, cincang
  9. 8 butir bawang merah, rajang halus
  10. 1 buah wortel, kupas, parut kasar
  11. 1 batang daun bawang, iris tipis
  12. Garam dan lada bubuk
  13. Minyak untuk menumis
  14. Cocolan Petis
  15. 4 sdm petis udang
  16. 1 siung bawang putih goreng, haluskan
  17. 5 buah cabai rawit merah, haluskan
  18. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Bihun Meduro

  1. Membuat kulit: uleni terigu, garam, dengan dicampur air sedikit demi sedikit hingga kalis.
  2. Setelah kalis, tambahkan minyak goreng sekitar 4-5 sendok makan, uleni lagi hingga kalis. Setelah itu bagi menjadi 20 bagian, dan bentuk menjadi bulatan.
  3. Setelah terbentuk bulatan, rendam dalam minyak goreng selama 1-2 jam, tujuannya agar kukit elastis dan tidak mudah robek.
  4. Sementara menunggu kulit siap, kita buat isian bihun. Tumis bawang putih, bawang merah, hingga harum. Masukkan wortel, tumis sebentar, kemudian masukkan bihun, bumbui dengan garam dan lada, koreksi rasa. Tambahkan daun bawang. Masak hingga matang, sisihkan.
  5. Untuk cocolan petis, campur petis, bawang putih, dan cabai (opsional). Encerkan dengan sedikit air matang jika perlu.
  6. Untuk membuat martabak, gunakan alas datar, saya menggunakan piring yang lebar. Pipihkan adonan kulit sampai tipis, jangan sampai robek. Beri isian bihun sekitar 2 sendok makan, bungkus dan bentuk segitiga, seperti bantal.
  7. Goreng di minyak panas banyak di atas api sedang hingga coklat keemasan. Sajikan dengan cocolan petis dan cabai rawit jika suka.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Martabak Bihun Meduro yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Martabak Bihun Meduro Lezat"