Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Donat Ubi Ungu tanpa Telor untuk Pemula

Donat Ubi Ungu tanpa Telor

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Ubi Ungu tanpa Telor yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Ubi Ungu tanpa Telor yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Ubi Ungu tanpa Telor, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Ubi Ungu tanpa Telor enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Ubi Ungu tanpa Telor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Ubi Ungu tanpa Telor memakai 12 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Punya banyak stock ubi ungu. Bikin cake udah, so dibikin donat aja deh. Seperti biasa, tanpa telur ya :). Donatnya menul2 dan lembut banget. Dibikinnya kemaren, hari ini masih lembut. Oiya, ini donat memang ga berasa ya gulanya, coz mau dikasih topping gula halus yang udah manis banget. Tapi kalau suka donat yang manis, silakan ditambah gulanya
Yuk mom dicoba :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Ubi Ungu tanpa Telor:

  1. 250 gr terigu cakra
  2. 45 gr gula halus
  3. 1 sdt permifan (saya pake yang kiloan)
  4. 11/2 sdm tepung susu
  5. 1/2 sdt SP (optional)
  6. 1 buah ubi ungu ukuran kecil + sepotong kecil kentang (rebus)
  7. 35 gr mentega cair (saya pake palmia royal yg ada butternya)
  8. Sejumput garam
  9. Secukupnya air
  10. Secukupnya minyak untuk menggoreng
  11. Topping:
  12. Secukupnya gula halus (gula yang diblender)

Langkah-langkah untuk membuat Donat Ubi Ungu tanpa Telor

  1. Siapkan sedikit air hangat kuku dalam gelas. Tambahkan permifan dan 1 sdt gula (aduk dan tutup). Tunggu hingga berbusa (tanda ragi masih aktif dan bisa digunakan)
  2. Campur tepung, gula halus, SP dan tepung susu dalam wadah. Aduk hingga rata
  3. Tambahkan campuran permifan. Aduk2, dan sedikit demi sedikit tambahkan air (jangan sampai adonan lembek, sedang aja). Uleni.
  4. Haluskan ubi ungu dan kentang yang udah direbus. Tambahkan ke dalam adonan. Aduk dan uleni lagi hingga kalis.
  5. Terakhir tambahkan mentega cair dan garam. Uleni hingga kalis elastis
  6. Banting2 adonan kira2 15 menit. Hingga adonan benar2 kalis dan lembut.
  7. Bulatkan adonan. Tutup dengan kain lembab. Tunggu hingga mengembang (saya hampir 45 menit, soalnya udaranya lagi lembab, so ngembangnya lebih lama)
  8. Jika sudah mengembang, tinju bagian atas adonan, uleni sebentar.
  9. Bentuk adonan donat sesuai selera (saya bikin bulatan, seperti bikin onde2, kemudian tengahnya saya lubangi dengan telunjuk).
  10. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis
  11. Diamkan lagi adonan donat yang udah dibentuk hingga mengembang (kira2 45 menit lagi, saya tinggalin sembari beberes dan mandiin si kecil)
  12. Goreng donat dengan minyak banyak. Cukup sekali balik.
  13. Tunggu hingga dingin, beri topping sesuai selera.
  14. Donat siap untuk menemani minum teh :)

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Ubi Ungu tanpa Telor yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Donat Ubi Ungu tanpa Telor untuk Pemula"