Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Donat Isi/Roti Isi Kekinian

Donat Isi/Roti Isi

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Isi/Roti Isi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Isi/Roti Isi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Isi/Roti Isi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Isi/Roti Isi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Isi/Roti Isi adalah 12 biji besar. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Isi/Roti Isi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Isi/Roti Isi memakai 21 jenis bahan dan 17 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi pengen yang beda aja, biar gak bikin donat bulet terus. Hehehe.
#cookpadcommunity
#pekaninspirasi
#donat #roti #empuk
#camilansehat
#kusukangemil

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Isi/Roti Isi:

  1. Bahan dought:
  2. 400 gr tepung terigu
  3. 4 sdm gula pasir
  4. 1 sdt garam
  5. 11 gr fernipan
  6. 1 sdt BP
  7. 1 gelas air hangat kuku
  8. 2 sdm margarin
  9. Bahan isian 1:
  10. 2 buah kentang dikukus/digoreng
  11. 2 siung bawang putih
  12. 1 siung bawang merah
  13. Saos tomat
  14. 4 biji cabe rawit (bisa di skip)
  15. Gula
  16. Garam
  17. Isian 2:
  18. Misis coklat
  19. Baluran:
  20. Secukupnya tepung panir
  21. 1 sdm tepung terigu/telor

Langkah-langkah untuk membuat Donat Isi/Roti Isi

  1. Campurkan semua bahan donat kecuali margarin, masukkan air hangat perlahan sampai setengah kalis.
  2. Masukkan margarin, aduk kembali sampai kalis. Bisa ditambahkan tepung jika terlalu lembek. Note:untuk air hangat juga perlahan, kalau dirasa udah cukup jangan dituang semuanya.
  3. Jika adonan sudah kalis, bulatkan lalu tutup dengan kain agak basah. Biarkan adonan mengrmbang sampai 2X lipat.
  4. Sambil menunggu adonan mengembang, bisa membuat isian.
  5. Kentang kupas, bisa digoreng atau direbus. Potong kecil-kecil.
  6. Untuk bawang merah, bawang putih, cabe, gula, dan garam ulek menjadi satu sampai halus.
  7. Tumis bumbunya, masukkan kentang. Tambahkan sedikit air saja, tunggu sampai bumbu meresap. Tes rasa, dinginkan.
  8. Kembali ke adonan, jika sudah mengembang kempiskan adonan supaya udara keluar semua.
  9. Bagi adonan sesuai selera, isikan kentang yang sudah ditumis tadi. Bentuk agak lonjong.
  10. Untuk isian misis sama juga, buat bentuknya bulat. Biar bisa dibedakan.
  11. Jika sudah terisi semua, buat kocokan telur untuk baluran (bisa juga 1 sdm tepung terigu ditambahkan 10 sdm air)
  12. Gulingkan donat yang sudah terisi ke adonan basah, lalu gulingkan ke tepung panir ketuk-ketuk biar adonan yg tidak menempel bisa lepas dan tidak bikin minyak kotor saat digoreng.
  13. Jika sudah terlapisi panir, goreng dengan minyak panas api kecil sekali ya.
  14. Cukup 1X balik saja biar tidak menyerap banyak minyak.
  15. Ini untuk penampakan yang isi kentang.
  16. Ini untuk yang isi misis coklat.
  17. Ada sisa adonan sedikit banget, akhirnya saya bulatkan tanpa isi dan panir.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Isi/Roti Isi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Donat Isi/Roti Isi Kekinian"

banner 325x300
banner 325x300