Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bubur Suro (1 Muharram) Enak dan Lezat

Bubur Suro (1 Muharram)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Suro (1 Muharram) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bubur Suro (1 Muharram) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Suro (1 Muharram), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Suro (1 Muharram) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Suro (1 Muharram) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Suro (1 Muharram) memakai 40 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PekanPosbar dari Mamah Cookpad kali ini temanya bikin bubur Hayuklah sekalian saja ikut Melestarikan tradisi jawa di malam 1 Muharram ato 1 suro yg merupakan peringatan tahun baru hijriyah ato tahun baru islam bikin jenang suro ato bubur suro sebagai warisan leluhur ditanah jawa yg sudah mulai sedikit demi sedikit tergeser jaman..lewat Cookpad mari kita lestarikan tradisi budaya kita ..

Source: Mbak @Indrajied78

#Week26
#PejuangGoldenBatikApron
#CookpadCommunity_Malang
#RayakanDenganBubur
#CookpadIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Suro (1 Muharram):

  1. 450 gr beras
  2. 3000 ml air santan(boleh ditambah klo ingin lebih encer buburnya
  3. 150 gr kelapa parut (singgat/menyerong) boleh skip ya
  4. 2 batang sereh
  5. 2 helai daun pandan
  6. 2 lembar daun salam
  7. Secukupnya garam
  8. Bahan perkedel:
  9. 1/2 kg kentang
  10. Secukupnya pala,lada bubuk garam dan kaldu jamur
  11. 11/2 sdm baput goreng
  12. 11/2 sdm bamer goreng
  13. Bahan kering tempe:
  14. 2 papan tempe (hrg 10rb)
  15. 4 siung bamer
  16. 2 siung baput
  17. 2 buah cabe besar
  18. 3 buah cabe rawit
  19. Sejempol Lengkuas (geprek)
  20. Secukupnya air asem jawa
  21. 1 lembar daun salam
  22. Secukupnya gula merah (sisir)
  23. Secukupnya gula,garam,kaldu bubuk,kaldu jamur
  24. Bahan Kare Ayam:
  25. 10 buah sayap
  26. 3 ruas jari kunyit
  27. Sejempol jahe
  28. Secukupnya jinten,ketumbar
  29. 6 siung bamer
  30. 3 siung baput
  31. 6 butir kemiri
  32. 1 sachet santan kara
  33. Secukupnya gula,garam,kaldu bubuk dan kaldu jamur
  34. Secukupnya air
  35. 2 batang sereh
  36. 6 lembar daun jeruk
  37. Bahan pelengkap:
  38. Daun seledri
  39. gulung Telor dadar
  40. Kacang goreng utk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Suro (1 Muharram)

  1. Cuci bersih beras..tambahkan air santan,daun salam,pandan dan sereh..masak sampai menjadi bubur disela2 mengaduk beras ketika sdh agak mendidih tambahkan kelapa parut dan garam aduk rata..step ini boleh ditambahkan air sesuai selera aja ya..klo buburnya ingin agak encer ato padat.aduk rata sampai matang menjadi bubur
    Note: karena sy ingin cita rasa buburnya lebih gurih sy tambah dgn kelapa yg di parut menyerong..boleh juga hanya pake santan sesuai selera aja ya..Moms
  2. Bikin kering tempenya ya..potong2 tempe lalu goreng kering tumis bumbu sampe berminyak, jgn lupa lengkuas dan daun salamnya..tambahkan secukupnya air masukkan gula merah potongan irisan cabe besar..air asem,kaldu bubuk,gulpas,garam dan kaldu jamur tunggu sebentar sambil diaduk masukkan tempenya aduk rata koreksi rasa
  3. Bikin kare ayam..
    Note:sengaja sy pake sayap aja nggak pake daging ayam sprt dada dll..klo ingin pake dada ato paha boleh aja ya Moms..sesuai selera

    Haluskan bumbunya,tumis sampe berminyak masukkan kedlm ayam yg udah direbus (rebusan 1 sy buang sy tambah air baru)tambahkan santan aduk rata tambahkan garam,gulpas,kaldu bubuk,kaldu jamur koreksi rasa..mendidih matang angkat
  4. Bikin perkedel..
    Goreng kentang haluskan..tambahkan baput goreng bamer goreng yg udah dihaluskan tambahkan garam dan kaldu bubuk..
  5. Bulat-bulatkan goreng bersama kocokan telur yg sdh dibumbui garam+lada bubuk..goreng
  6. Semua sudah siap...ready for plating...😍taraa...this is it...Bubur Suro khas peringatan tahun baru hijriyah ato tahun baru Islam..MasyaAllah enak banget..mari lestarikan tradisi budaya kita lewat cookpad🙏

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Bubur Suro (1 Muharram) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Bubur Suro (1 Muharram) Enak dan Lezat"

banner 325x300
banner 325x300