Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi Enak dan Lezat

Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi adalah 2 mangkuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : @baking_ketje

Bubur sagu Ambon atau kalo orang jawa barat memgenalnya dgn nama bubur sagurangi, bubur ini adalah salah satu makanan khas dari Maluku yang mempunyai cita rasa manis dan gurih.
Bubur ini akan banyak ditemui pada saat bulan puasa sebagai menu berbuka.
Sagu Ambon terbuat dari tepung sagu yang diayak beberapa kali sampai menjadi halus yang kemudian dibakar dalam cetakan batu atau tanah liat, sagu ambon ini sudah mengandung kelapa parut dan gula merah yang ditaburkan saat pembakaran.

Setahu sy sagu ambon ini bentuknya kotak dan keras tetapi di jawa barat ada bentuk lainnya yaitu seperti kue pancong berwarna abu muda yang sangat keras. Dan ketika akan diolah harus kita rendam telebih dahulu hingga beberapa jam.

Alhamdulillah minggu ini Combo kedatangan tamu special dari komunitas Tangerang yaitu mba @baking_ketje yang ngakunya ketjce hehe...tp emang dari fotonya sih kece abis apalagi liat foto foto resepnya masyaallah meuni cantik cantik.
Mb Thea menjelaskan seluk beluk proses pembuatan bubur sagurangi yang keliatannya simpel dan enak tentunya, kali ini sy tambahkan ubi sepertinya idenya mba @opibun yang bikin bubur sagurangi nya makin special dan kaya rasa.

#CookpadCommunity_Bogor
#PejuangGoldenBatikApron
#ComboAnjangsana_BakingKetje
#Anjangsana_Tangerang
#RayakanDenganBubur

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi:

  1. 2 blok sagurangi model kue pancong
  2. 50 gr gula merah (sesuai selera)
  3. 1 lbr daun pandan
  4. 1 bh ubi
  5. Sejumput garam
  6. 1 sdm gula pasir
  7. Kuah Santan
  8. 65 ml santan instan
  9. Sejumput garam
  10. 150 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi

  1. Potong potong dan rendam sagurangi dengan air selama 2 jam atau hingga struktur sagurangi lembek, setelah sekiranya lembek bejek bejek hingga hancur, kalo sy suka yang tidak terlalu lembek dan hancur semua karna saat matang si yang tdk hancur tsb akan terasa kenyal kenyal.
  2. Kupas dan cuci bersih ubi, kemudian potong kotak kotak kecil
  3. Iris gula merah kemudian rebus bersama daun pandan, setelah gula merah mencair, matikan api kemudian saring, lalu rebus kembali bersama ubi. Rebus hingga ubi matang dan tambahkan sedikit garam.
  4. Setelah ubi matang masukkan sagurangi mentah yang sudah dibejek bejek hingga bubuk, kecilkan api dan aduk rata, tambahkan gula pasir agar menguatkan rasa manisnya, masak hingga bubur matang dan koreksi rasa manisnya.
  5. Untuk membuat kuah santan, cairkan santan instan dengan sedikit air (sy suka dengan santan yang kental) tambahkan garam lalu masak hingga mendidih. Untuk penyajian tuang bubur dalam mangkuk lalu siram dengan kuah santan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Bubur Sagurangi (Sagu Ambon) Ubi Enak dan Lezat"

banner 325x300
banner 325x300