Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh Enak dan Lezat

Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#Cooksnap
#CoboyOkNing_BuburNusantara
#PejuangGoldenBatikApron
#RayakanDenganBubur
#PekanPosbar
#PesanSemangatPejuangGBA
#Coboy_MakeMeHappy
#CookpadCommunity_Surabaya
#CookpadCommunity_Yogyakarta
#Cookpad_Indonesia
#Cookpad_id

Source : mba Tyas @tyas_yodha

Pekanya mbubur minggu ini di COBOY karena temanya " Bubur Nusantara "
Dan saat ini di ajak mba @tyas_yodha jalan2 ke Aceh untuk menikmatin sajian hidangan " Bubur Kanji Rumbi " di sana.

Bubur Kanji Rumbi adalah bubur nasi yang dimasak dengan, kaldu daging, daging cincang dan berbagai jenis rempah nusantara. Rasanya gurih dan cukup mengenyangkan dan konon katanya di Aceh hanya ada di bulan Ramadhan.

Meskipun bulan Ramadan sudah berlalu, makanan ini tetap nikmat disantap, kok. Rasanya bener2 nikmat bagi kami yang baru pertama kali makan bahkan kali ini dibuat versi instannya pas banget buat yang buru2 bisa langsung bikin buat Sarapan.

Pagi inipun kita kesiangan dan coba bikin buat sarapan sblm ke Greja dan Puji Tuhan Sarah doyan dan makan lumayan banyak pas di greja dia bertugas nyanyi dengan semangat dan kenceng katanya berkat Buburnya dari budhe Tyas.❤️🥰😘😘

Happy banget deh kita, terima kasih banyak mba Tyas buat inspirasinya. Berkah Melimpah Sukses serta sehat slalu buat jenengan sekeluarga. 🙏😇😘Amin

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh:

  1. Bahan utama :
  2. 200 gr nasi putih
  3. 300 ml air (air atau kaldu)
  4. 75 gr daging sai giling (kalau bisa yg tanpa lemak)
  5. 100 gr jamur kancing / champignon segar
  6. 1 ruas sereh geprek
  7. 1/2 jempol jahe geprek
  8. 2 batang daun bawang cincang halus
  9. 1 siung bawang putih cincang halus
  10. 7 siung bawang merah (bagi 2 bagian untuk tumis dan taburan)
  11. ¹/² sdt merica bubuk
  12. secukupnya Garam dan kaldu bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh

  1. Blender kasar nasi dengan 200 ml air atau kaldu (sisa 100 ml nya nanti untuk sisa nasi yaang tertinggal di blender, saat dituang) jadi total air = 300 ml Lalu sisihkan
  2. Bersihkan jamur kancing, cuci sebentar dengan air garam dan keringkan dengan tissue
    Kemudian bagi jamur menjadi 2 bagian :
    Satu cincang halus dan satu bagian iris tipis melebar
  3. Panaskan butter atau minyak
    * Tumis jamur cincang hingga harum

    * Tambahkan, serai, jahe, bawang putih dan bawang merah aduk hingga layu
  4. Masukkan daging giling dan masak hingga matang dan berubah warna. Kemudian tambahkan merica, garam, kaldu bubuk, daun bawang dan irisan jamur, aduk rata.
  5. Masak hingga daging benar² matang, ambil sedikit bagian untuk topping diatas bubur. Sisihkan
  6. Tuang nasi yang sudah diblender tadi kedalam panci kemudian masukkan tumisan daging dan jamur ke dalamnya aduk rata, lalu tambahkan sisa daun bawang, masak hingga mengental dan matang sempurna
  7. Setelah bubur benar² mengental dan kadar air berkurang matikan kompor

    * Pindahkan bubur ke mangkuk saji, lalu tambahkan topping daging cincang, daun bawang.dan taburan bawang goreng diatasnya, sajikan selagi hangat, hmmm yummy selamat mencoba.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh Enak dan Lezat"

banner 325x300
banner 325x300