Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bubur Asyura’ khas Kalsel Enak dan Lezat

Bubur Asyura’ khas Kalsel

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Asyura’ khas Kalsel yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bubur Asyura’ khas Kalsel yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Asyura’ khas Kalsel, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Asyura’ khas Kalsel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Asyura’ khas Kalsel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Asyura’ khas Kalsel memakai 33 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Baru kali ini saya bikin bubur Asyura, biasanya bubur ini di buat ketika bulan Muharam tiba dan disetiap kota merayakannya, tak terkecuali di komplek saya tinggal , biasanya sebelum membuat bubur ibu ibu mengumpulkan dana untuk membeli bahan2 keperluan bubur dan nantinya bubur2 akan di bagikan kepada warga, naaah dari situlah saya bisa nyicip bubur Asyura.
Hari ini saya coba masak sendiri bubur Asyura resep bunda @herliani , dengan menyesuaikan bahan yg ada ya bunda , saya bikin hanya setengah resep aja nih...
Dari sekian banyak bubur Asyura yg pernah saya cicip, ini adalah bubur super enak rasanya gurih dan buburnya lemmbuut banget😋
Coba aja bunda...

#RayakanDenganBubur
#CookpadCommunity_Kalsel
#CookpadCommunityIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Asyura’ khas Kalsel:

  1. 1,5 mangkok kecil beras
  2. 250 gr daging sapi rebus (asli daging ayam)
  3. 2 bh santan instan @65ml + 470 ml air
  4. Secukupnya air
  5. Secukupnya garam, gula dan lada bubuk
  6. Bahan sayur : (sesuai selera)
  7. 1 bh wortel
  8. 1/2 bh kentang
  9. 10 btg buncis
  10. 1 iris kol
  11. 1 ikat kamgkung
  12. 1 bh jagung manis
  13. 1 ikat kecik bayam
  14. 3 btg daun bawang
  15. bumbu halus :
  16. 8 butir bawang merah
  17. 5 siung bawang putih
  18. 1 ibu jari jahe
  19. 2 cm kencur (sy tdk pake)
  20. 3 cm lengkuas (sy skip)
  21. 1 btg sere (skip)
  22. 1 sdm ketumbar bubuk
  23. 1 sdt jinten
  24. 1/2 sdt adas manis
  25. 1/2 bh biji pala
  26. 1/2 lada butiran
  27. 3 bh bunga lawang
  28. 1/2 sdt kayu manis bubuk (sy skip)
  29. Bahan pelengkap :
  30. kerupuk
  31. bawang goreng
  32. daun saledri
  33. sesuai selera jeruk nipis, sambal, telur rebus, telur dadar atau

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Asyura’ khas Kalsel

  1. Cuci beras hingga bersih lalu rendam 10 mnt bilas sisihkan.
    Masak air hingga mendidih masukkan beras, kacang tanah, jagung manis dan daging yg sdh di potong2 lalu masak hingga lunak
  2. Tuang santan aduk2 dan biarkan mendidih.
    Sementara itu tumis bumbu halus hingga layu dan wangi lalu masukan dalam panci bubur + wortel dan kentang aduk kemudian beri garam, gula dan lada bubuk, cek rasa
  3. Sebelum bubur di angkat masukan bahan sayur lainnya lalu aduk2 hingga bubur matang dan mengental, apabila bubur kurang lunak boleh di tambahkan air, angkat dan sajikan bersama pelengkap

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Bubur Asyura’ khas Kalsel yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Bubur Asyura’ khas Kalsel Enak dan Lezat"