Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Biji salak / bubur cendil Enak dan Lezat

Biji salak / bubur cendil

Anda sedang mencari inspirasi resep Biji salak / bubur cendil yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Biji salak / bubur cendil yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Biji salak / bubur cendil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji salak / bubur cendil enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji salak / bubur cendil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji salak / bubur cendil memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Wahh ini enak banget. Aslii..
Aku bukan pecinta biji salak. Tadinya emang aku gak begitu suka.
Tapi entah kenapa kepengen bikin. Wkwkwk..
Dan ini hasilnya enak, kenyel dan rasanya sesuai lah sama lidah aku.
Kuah gula merah hasilnya banyak yaa.
Aku beli sekilo ubi baru kepake untuk 1 resep ini 270 gr. Akhirnya aku bikin lagi biji salaknya karena kuahnya masih banyak.
Jadi resep ini kalo buat aku bisa buat 1 kg ubi kuning.
Mantap lah pokoknya.
Yuk cobain bikin.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji salak / bubur cendil:

  1. Bahan biji salak:
  2. 270 gr ubi orens. Berat setelah dikukus
  3. 3 sdt gula halus
  4. Sejumput garam
  5. 90 gr tepung tapioka
  6. 2 lt air untuk merebus
  7. 1 lbr daun pandan
  8. Bahan gula merah:
  9. 300 gr gula merah
  10. 1 lt air
  11. 2 lbr daun pandan
  12. 3 sdm tepung tapioka
  13. 50 ml air untuk melarutkan tapioka
  14. Bahan kuah susu:
  15. 750 ml susu cair UHT fullcream/plain
  16. 2 lbr daun pandan
  17. 1/2 sdt garam
  18. 2 sdm tepung maizena
  19. 50 ml air / susu cair

Langkah-langkah untuk membuat Biji salak / bubur cendil

  1. Kukus ubi sampai empuk. Timbang lalu haluskan. Selagi panas campurkan tepung tapioka, gula halus, dan garam. Aduk sampai rata. Bulat-bulatkan. Setelah itu rebus dengan 2 lt air dan 1 lbr daun pandan sampai adonan mengapung. Matikan kompor.
  2. Didihkan air, gula merah dan daun pandan. Kemudian tuang larutan tapioka. Aduk merata hingga kuah mengental. Setelah mendidih, masukkan biji salak (tanpa airnya).
  3. Rebus sampai air mendidih lagi. Matikan kompor.
  4. Panaskan susu dan daun pandan. Ketika sudah terlihat meletup letup di bagian pinggir panci, masukkan larutan maizena. Aduk rata sampai mengental. Matikan kompor.
  5. Sajikan biji salak beserta kuah gula merah, lalu siram dengan kuah susu. Selamat mencoba.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Biji salak / bubur cendil yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Biji salak / bubur cendil Enak dan Lezat"