Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep 579) Bubur Kanji Rumbi Enak dan Lezat

579) Bubur Kanji Rumbi

Anda sedang mencari inspirasi resep 579) Bubur Kanji Rumbi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 579) Bubur Kanji Rumbi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 579) Bubur Kanji Rumbi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 579) Bubur Kanji Rumbi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat 579) Bubur Kanji Rumbi adalah 2-3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak 579) Bubur Kanji Rumbi diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 579) Bubur Kanji Rumbi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 579) Bubur Kanji Rumbi memakai 26 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Senang akhirnya bisa bikin Bubur Kanji Rumbi ini, dari resepnya mbak @Arum_Kusuma yg sudah berbagi tentang bubur yg enak ini di Cocomtang. Berasa hangat banget makan bubur ini. Ngenyangin dan lengkap ini nutrisinya 😍.

Karena saya menghindari makan daging jadi saya pakai ayam saja dan langsung masak bersama bubur untuk menghindari digoreng 🤭. Plus saya serakah, biar banyak sayurannya saya masukkan juga 2 buah labu mini
😁. Suka banget sama labu mini yg manis rasanya. Itu tambahan dari saya sih.

Awalnya saya mau praktis, masak pakai rice cooker aja. Tapi bikinnya malam, sesekali diaduk disambi siapin bahan lainnya. Lha terus lupa, alhasil buburnya tumpah2 dan rada mengeras di dasar rice cooker untung gak gosong deh 😂. Capek bersihin, lanjut besok pagi masaknya. Tapi gak bisa pakai rice cooker lagi karena dipakai masak nasi 😁. Saya masak bubur di rice cookernya 1/2 cup beras dan 3 cup air. Sempat tambah air lagi waktu lanjut di pagi harinya karena sayuran belum matang.

Resep saya tulis sesuai aslinya ya. Oh ya, saya gak pakai santan tapi Fiber Creme.

Ayo dicobain biar gak penasaran 😉.

(29/07/2022)

https://cookpad.com/id/r/16303090

#CookiesPlesiran_Bekasi
#RayakanDenganBubur
#PejuangGoldenBatikApron
#CookpadCommunity_Tangerang
#Minggu-26/25-31Jul22

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 579) Bubur Kanji Rumbi:

  1. 3 genggam beras
  2. Daging sapi secukupnya, potong dadu digoreng (Bisa pakai udang)
  3. 1 buah kentang, potong dadu
  4. 1 buah wortel yg besar dikit, potong dadu
  5. 1 sdm garam
  6. 1 cangkir santan (saya: 3 sdm Fiber Creme + 100 ml air)
  7. 2 btg daun bawang, iris2
  8. 2 btg seledri, iris2
  9. Secukupnya air utk merebus beras
  10. Bumbu halus :
  11. 1 sdt pala bubuk (jika tdk ingin pedas bisa kurangi)
  12. 1 sdm ketumbar
  13. 1/4 bagian pala
  14. 1 sdt jinten putih
  15. Bahan lainnya :
  16. 2 ruas jari jahe digeprek
  17. 10 siung bawang putih, iris
  18. 5 butir bawang merah, iris
  19. 1 batang serai, geprek
  20. 1 buah tomat, potong2
  21. Setelunjuk kayu manis
  22. 4 butir kapulaga
  23. 5 butir cengkeh
  24. 3 buah bunga lawang/pekak
  25. Topping :
  26. bawang goreng, irisan daun bawang, irisan seledri, ayam suwir

Langkah-langkah untuk membuat 579) Bubur Kanji Rumbi

  1. Rendam beras yang sudah dicuci selama 30 menit. Lalu masak beras bersama 1 1/2 liter air baru sampai lunak. Jika beras telah pecah dan lunak, masukkan bumbu halus, serai, cengkeh, kapulaga, kayu manis, pekak, wortel dan kentang lalu masukkan potongan daging sapi, tetap sesekali diaduk. Jika airnya berkurang tambahkan lagi 1 gelas air biar tidak hangus dan tetap diaduk.
  2. Tunggu sekitar 10 menit masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. Aduk2 kembali. Jika kentang dan wortel sudah matang, masukkan santan, irisan tomat, gula, dan garam. Aduk-aduk terus hingga mendidih kembali.
  3. Kira2 jika kanjinya sudah agak mengental/tidak encer lagi/sudah mengental layaknya bubur nasi, angkat bubur dari kompor, kemudian tuangkan ke dalam mangkuk saji atau piring.
    Taburi dengan bawang merah goreng, seledri, dan daun bawang.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat 579) Bubur Kanji Rumbi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep 579) Bubur Kanji Rumbi Enak dan Lezat"

banner 325x300
banner 325x300